Kamis, Februari 25, 2010

Kemajuan teknologi bukan berarti kemunduran pelayanan...


Tetapi mungkin begitulah kenyataannya atau itulah konsekuensinya. Karena sistem apapun itu selalu ada kelebihan dan kekurangannya.

Beberapa hal telah saya rasakan dampaknya, karena bidang pekerjaan sayapun tidak terlepas dari IT (informasi teknologi). Beberapa hari lalu saya pun merasakan akibat dari sisi negatif teknologi tetapi bidang perbankan.

Saya datang ke bank tersebut hari kamis dengan tujuan hendak mengaktifkan kembali ATM saya yang keblokir. Petugas bank tersebut bilang kalau pelayanan saat ini telah menggunakan sistem on line yang seharusnya pelayanan kepada nasabah bisa cepat tidak seperti sebelumnya (manual) yang bisa beberapa hari. Alhamdulillah, pikirku, memang seharusnya seperti itu. Tetapi ternyata berbeda dengan harapan saya. Karena, entah ada kerusakan atau gangguan jaringan, maka pelayanan ganti PIN khususnya menjadi tidak bisa.

Petugas bank meminta nomor telepon saya, karena apabila jaringan telah kembali normal maka saya akan dihubungi. Jumat.., hingga senin belum ada kabar dari pihak bank, maka saya berinisiatif datang langsung ke bank tersebut. Ternyata jawabannya sama seperti hari kamis lalu, jaringan masih ada gangguan.

Baru hari rabu saya ditelepon kalau pelayanan ganti PIN telah bisa. Akhirnya..., genap satu minggu pikirku. Mungkin kalau dibandingkan pelayanan manual, bisa kurang dari satu minggu... Yah, tetapi walau bagaimanapun seharusnya IT lebih banyak membantu kelancaran pekerjaan dan hasil yang lebih baik. Saya rasa lebih banyak manfaatnya, karena kejadian saya tadi mungkin hanya satu dari 100 saja.

Kalau saya pahami ada beberapa faktor yang mempengaruhi keunggulan suatu sistem komputerisasi :
1. Hardware yang tangguh dan terjamin (dari kerusakan);
2. Sistem komputerisasi yang sempurna, dapat bekerja minimal sesuai dengan tahap tahapan pekerjaan manual;
3. Operator yang mahir mengoperasikan sistem;
4. Jaringan yang cepat dan minim gangguan.

Bisa ada yang seperti itu, tetapi pada kenyataanya, saya saat ini masih saja bekerja dengan dua sistem : komputerisasi dan manual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar